► Sebagai karbol harus memiliki integritas yang akan membawa kepada kewibawaan

► Hut TNI AU Telah di laksanakan Dengan Sukses





    Teknik Elektronika Pertahanan

     

    Sejarah Program Studi Teknik Elektronika Pertahanan  Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta

     

         Akademi Angkatan Udara (AAU) yang berkedudukan di Yogyakarta merupakan salah satu lembaga pendidikan militer di Lingkungan TNI/TNI AU dan masuk dalam kategori lembaga pendidikan tinggi di lingkungan nasional. Secara organisatoris, AAU merupakan badan pelaksana pusat Mabesau yang betugas menyelenggarakan pendidikan pertama perwira sukarela TNI/TNI AU yang bercirikan prajurit pejuang Saptamarga profesional, berkemampuan akademis potensial dasar matra udara, serta berkesamaptaan jasmani untuk menunjang tugas dalam pengabdian selaku bagian dari kekuatan pertahanan negara.

     

         Seiring dengan tugas tersebut, AAU menyelenggarakan tiga program studi,  meliputi teknik aeronautika pertahanan, teknik elektronika pertahanan dan teknik manajemen industri pertahanan.    Program pendidikan AAU dilaksanakan selama 4 tahun yang meliputi 1 tahun program pendidikan integratif di Resimen Chandradimuka Magelang dan 3 tahun di Akademi Angkatan Udara. Taruna/taruni yang lulus dari pendidikan dilantik menjadi perwira TNI/TNI AU serta dapat mengembangkan kemampuan sejalan dengan perkembangan teknologi sistem senjata TNI AU. Sejalan dengan pengalaman penugasan dan pendidikan pengembangan selanjutnya, para lulusan AAU diproyeksi untuk menjadi pemimpin dalam organisasi TNI/TNI AU.

     

         Departemen elektronika dengan program studi teknik elektronika pertahanan adalah salah satu  bagian dari lembaga akademi angkatan udara (AAU) yang mampu mencetak kader-kader pemimpin bangsa yang memiliki akreditasi, dedikasi dan profesional dibidang tugasnya, dengan menerapkan keseimbangan antara pendidikan kepemimpinan (leadership), penguasaan teknologi (profesionalisme) dan kesamaptaan jasmani serta kemiliteran yang tinggi.   Didirikan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia 26 Juli 1965 dengan Nomor SK Izin operasional: SKEP MEN/PANGAU/52/65 Tanggal SK Izin Operasional: 26 Juli 1965.

     

         Program Studi Teknik Elektronika Pertahanan merupakan salah satu dari tiga Program Studi yang ada di Akademi Angkatan Udara.   Program Studi Teknik Elektronika Pertahanan beroperasi mulai tahun akademik 2007/2008 setelah mendapat izin penyelenggaraan dari Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 246/D/O/2010 tanggal 29 Desember 2010 tentang Penyelenggaraan Program Studi pada Akedemi Angkatan Udara Yogyakarta.  

     

    Data Program Studi Teknik Elektronika Pertahanan Yogyakarta

    Program Studi (PS) : D - IV Teknik Elektronika Pertahanan
    Jurusan/Departemen : Departemen Elektronika
    Perguruan Tinggi : Akademi Angkatan Udara
    Nomor SK pendirian PS : 246/D/O/2010
    Tanggal SK pendirian PS : 29 Desember 2010
    Nomor SK Izin Ops : Skep Men/Pangau/52/65
    Tanggal SK Izin Ops : 26 Juli 1965
    Akreditasi PS : B
    Nomor SK BAN-PT   : 231/SK/BAN-PT/Ak-X/Dpl-IV/XI/2013
    Alamat PS : Ksatrian AAU Lanud Adisutjipto, Yogyakarta
    No. Telepon PS : 0274-486922,486924
    No. Faksimili PS : 0274-486922
    Homepage : www.aau.ac.id
    Email PS : tauddeplekaau@gmail.com

     

     

     

     

     

          

               

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    Tujuan Prodi Teknik Elektronika Pertahanan

                                                                         

    1.     Menghasilkan perwira elektronika yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak, berbudaya Indonesia, bersemangat tinggi, tanggap, berkinerja tinggi, mampu menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan mampu mengembangkan kemampuan diri.

     

    2.     Meningkatkan kualitas pendidikan dengan kapasitas intelektual yang tinggi dalam pengetahuan, keahlian, kreativitas, kesehatan jasmani, moral dan karakter.

     

    3.     Menghasilkan perwira elektronika yang menguasai dasar-dasar teknik elektronika dan mampu mengembangkan perangkat lunak dan perangkat keras, serta mampu mengembangkan diri seiring kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

     

    4.     Menghasilkan perwira elektronika yang mampu menganalisis masalah dan selalu berupaya menyelesaikan secara logis, sistematis dan praktis yang didukung oleh metode yang tepat guna.

     

    5.     Menghasilkan penelitian-penelitian yang berkualitas yang berkontribusi dalam pengembangan ilmu kerekayasaan dan teknologi.